You are here : Home Informasi Kongregasi Kongregasi ADM

Sejarah Kongregasi ADM

Kongregasi (atau Tarekat) Suster-Suster Amalkasih Darah Mulia (ADM) didirikan oleh Sr. Seraphine di Sittard, Belanda, pada 24 September 1890.† Awal mulanya, Sr. Seraphine bergabung bersama Biara Carolus Boromeus di kota Maastricht, Belanda.† Sepuluh tahun kemudian, Sr. Seraphine bersama 6 orang suster lainnya diutus ke kota Sittard di sebelah utara Maastricht.† Keberangkatan 7 suster ini adalah untuk memenuhi permintaan pastor paroki setempat guna menolong para jompo, orang miskin dan yatim piatu.† Kondisi kota dan rakyat yang porak poranda karena revolusi Perancis membuat ke-7 suster ini harus menanggung banyak derita.† Mendengar hal demikian, Kepala Biara Maastricht berniat menarik pulang suster-suster ini, tetapi pastor paroki mengusulkan rencana untuk melakukan pemisahan agar para suster di Sittard lepas dari induknya di Maastricht.† Oleh terang Roh Kudus dan kehendak Tuhan, Paus Leo XIII memberi pengesahan pada kongregasi baru ini dan sekaligus memberi tugas "Penghormatan Istimewa kepada Darah Mulia."

Di Paroki Cengkareng, kiprah para Suster ADM telah dimulai sejak Paroki masih muda.† 4 Suster ADM tercatat bergabung dalam masa-masa awal Paroki ini.† Sr. Caritas ADM ditunjuk sebagai pendamping para Suster ADM yang bertugas di Cengkareng, Sr. Ignatia, ADM sebagai penanggungjawab rumah dan karya membuka kursus menjahit, Sr. Florentia, ADM diminta untuk bertugas di Paroki,† mendampingi para Romo dalam Tim Pastoral, dan Sr. Pauline, ADM (alm) ditugasi untuk membuka Kelompok Bermain (Play Group).

Dalam Karya Perutusannya, para Suster ADM mempunyai visi dan misi ingin mewujudkan Kerajaan Allah dan semakin menjadi saksi Allah, Sang Gembala yang setia dan penuh belaskasih, terutama dengan membagi hidup hingga memberikan 'nyawa' mencontoh Sang Gembala.† Dalam menjalani Karya Perutusan, Sr. Florentia, ADM yang mendapat tugas pastoral dan katekese mulai mendata keluarga-keluarga Katolik di lokasi sekitar susteran.† Saat bertugas sebagai Ketua Seksi Pewartaan, Sr. Florentia, ADM mengupayakan pengkaderan tenaga katekis untuk setiap Lingkungan, sehingga pelayanan persiapan Katekumen, Komuni Pertama, Sakramen Krisma dan Bina Iman tidak perlu lagi ditangani oleh para suster. Selain itu, mendengarkan orang yang mengalami kesulitan dan memerlukan jalan keluar telah menjadi bagian hidup Sr. Florentia, ADM selaku pengemban tugas perutusan karya Kongregasi di bidang pastoral.

Dalam Karya Sosialnya, para Suster ADM mempunyai visi dan misi pelayanan yang berpihak pada masyarakat miskin untuk menghadirkan Kerajaan Allah di tengah budaya keserakahan serta kemapanan.†

Para Suster ADM juga membentuk paguyuban yang bersemangatkan kerjasama, kemitraan, dan kemandirian dengan kekuatan yang ditimba dari nilai-nilai komunitas Allah Tritunggal, spiritualitas serta karisma ADM demi penyebaran, pembelaan, serta pemberdayaan hidup.

Dalam Karya Pendidikan, para Suster ADM melakukan pengajaran, pendidikan, dan menanamkan nilai-nilai Kristiani kepada para anak didik.† Di Paroki Cengkareng, Karya Pendidikan para Suster ADM ini terwujud lewat Sekolah Seraphine Bhakti Utama yang terletak di Perumahan Cengkareng Indah.† Spiritualitas para Suster ADM dijiwai oleh semangat dan keteladanan Sr. Seraphine, dengan melakukan kebaktian aktif pada Darah Mulia Tuhan Yesus Kristus.†

Bagi putri-putri yang merasakan panggilan untuk hidup membiara dan tertarik menjadi Suster ADM, silahkan menghubungi:

Susteran Amalkasih Darah Mulia (ADM)
Jalan Melati Raya no. 31
Cengkareng Indah
Jakarta Barat
Tel. 021-6191257