You are here : Home Artikel Keluarga Home Sweet Home

Home Sweet Home

Apakah kita menganggap bahwa rumah kita hanyalah tempat untuk berlindung dari panas atau hujan? Ataukah kita menganggap rumah kita adalah surga, tempat kita bisa menjalin kebersamaan dengan keluarga?

Mungkin banyak dari kita yang memang sangat sibuk di kantor, wirausaha atau karena hal-hal lainnya sehingga seringkali waktu kita di rumah dengan keluarga menjadi kurang.

Tetapi pernahkah kita berpikir bahwa menjalin kebersamaan dalam keluarga juga hal yang sangat penting, karena kita bisa menjadi lebih dekat mengenal anak-anak yang mungkin sudah kita tinggal seharian, bisa lebih harmonis dalam membina dan menciptakan suasana rumah tangga?

Kiat yang layak dicoba untuk menciptakan surga di rumah adalah:

1. Bijaklah saat membawa pekerjaan kantor ke rumah
Pulanglah tepat waktu dari kantor, sehingga kita masih mempunyai banyak waktu untuk keluarga (Bukankah tidak setiap saat kita harus melakukan pekerjaan lembur?). Usahakan tidak mengerjakan pekerjaan kantor di rumah karena hal ini berarti memindahkan kantor ke rumah.

2. Bijaklah memikirkan pekerjaan kantor di rumah
Sampai pintu gerbang rumah, usahakan pikiran mengenai pekerjaan kantor sudah dibuang jauh-jauh. Hal tersebut dapat membuat kita masuk ke rumah dengan perasaan lebih nyaman.

3. Biasakan bersih dan rapi
Mengembalikan semua buku, majalah, mainan ataupun barang-barang yang lain pada tempatnya setelah memakai. Selain akan memudahkan kita mencari barang-barang tersebut jika diperlukan, hal tersebut juga akan membuat rumah terlihat rapi dan bersih. Sehingga kita merasa nyaman dan segar di dalamnya.

4. Biasakan makan bersama
Apabila kita memang sangat sibuk, tetap usahakan makan malam di rumah. Kalau tetap tidak bisa, tetap usahakan beberapa kali dalam seminggu. Khusus untuk hari libur, maka kita dapat selalu makan bersama (pagi, siang, dan malam). Dengan makan bersama maka kita bisa menjalin keakraban antar anggota keluarga karena semuanya bebas bercerita mengenai pengalaman hari ini, mengemukakan pendapat, bertukar pikiran, bersenda gurau, bahkan tertawa bersama.

5. Selalu berkomunikasi dengan anak
Berkomunikasi dengan anak tidak terbatas oleh tempat. Menemani anak menjelang tidur sambil bercerita mengenai berbagai hal seperti buku-buku cerita yang ia baca hari ini, mengenai temannya di sekolah atau hal-hal yang lain akan membuat kita lebih dekat dengan anak, juga membuat anak akan lebih terbuka dengan kita. Hal tersebut bisa dilakukan kira-kira selama 10-15 menit. Komunikasi yang terjalin dengan baik akan memudahkan kita untuk mengendalikan anak-anak kita dari hal-hal yang harus dihindarinya.

6. Meluangkan waktu bermain
Pada hari libur, sebaiknya kita bermain dengan anak. Kita masuk ke dunia bermain mereka. Seperti main treasure hunt, UNO stacko, card games, lego, dll. Bermain dengan gembira dan tertawa bersama akan membuat kita sekeluarga semakin akrab. Tidak ada salahnya kita berusaha memahami pemikiran dan fantasi seorang anak, karena hanya dengan itu kita bisa ikut masuk ke dalam dunia anak-anak kita dan mengerti pemikiran mereka sampai mereka remaja/dewasa kelak.

7. Menyusun acara untuk keluarga
Membuat acara untuk keluarga. Misalkan merayakan ulang tahun. Kita dapat membuat pesta kecil di rumah berikut dengan kejutan manis yang tak terduga. Hal-hal semacam itu akan membuat kita dan keluarga semakin erat dalam menjalin kebersamaan. Kita sendiri pasti masih ingat kenangan manis dengan orang tua kita saat masih kanak-kanak, kenapa kita tidak berusaha membuat kenangan yang manis dikenang anak-anak kita ?

8. Libatkan anak-anak dalam pekerjaan rumah tangga
Kita harus mulai mengajari anak bertanggung jawab terhadap pekerjaan rumah tangga. Contohnya, kita bisa meminta mereka membantu menyiapkan meja untuk makan malam, mengembalikan piring kotor ke dapur dan lain-lain. Dengan kegiatan seperti itu, maka kita akan semakin dekat dan akrab dengan anak-anak. Anak-anak juga akan menjadi lebih mandiri dan percaya diri dalam berbagai keadaan, karena mereka tahu mampu untuk mengerjakan tugas rumah tangga tanpa dibantu.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba. Tuhan memberkati kita semua. Amin.


(Kontribusi: Nunik)