You are here : Home Artikel Dunia Pustaka Bukan Sembarang Lektor

Bukan Sembarang Lektor

Judul Buku: Lektor

Penulis: A.R. Yudono Suwondo, Pr & Sudartomo Macaryus

Penerbit: Kanisius, 2010

Isi: 84 halaman

Tugas menjadi lektor merupakah salah satu sarana bagi umat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam perayaan liturgi, khususnya Ekaristi. Sebagai seorang lektor, umat diberi tugas untuk membaca Kitab Suci dalam perayaan liturgi. Ini berarti pula bahwa seorang lektor menghadirkan Allah yang bersabda kepada umatNya.

Pentingnya tugas lektor dalam membacakan Sabda Allah ini perlu mendapat perhatian yang seriur. Oleh sebab itu, peran lektor yang sangat penting ini jangan sampai menjadi batu sandungan dan hambatan bagi umat dalam mendengarkan Sabda Allah. Seorang lektor perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik dalam hal-hal praktis dan teknis, maupun dalam penghayatan pribadi akan apa yang dibacakannya.

Buku ini memberikan berbagai masukan yang diperlukan bagi seorang lektor. Pertama, pembaca diajak untuk melihat seluk-beluk seorang lektor, hakikat seorang lektor, perkembangan historis, dan syarat-syarat penting bagi seorang lektor. Kedua, pembaca diajak untuk memahami Kitab Suci, apa itu Kitab Suci, peranan Kitab Suci dalam Ekaristi, serta petunjuk-petunjuk untuk semakin akrab dengan Kitab Suci.

Pada bagian terakhir, pembaca diajak untuk melihat aspek penting sebagai seorang lektor. Menjadi lektor merupakan sebuah karya kerasulan yang bisa dilakukan oleh umat beriman. Maka dari itu pada bagian ini diberikan beberapa petunjuk teknis serta latihan-latihan, seperti persiapan lahir, teknis, dan batin.

Buku ini menawarkan semua kebutuhan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang lektor. Sehingga ia tidak hanya menjadi sembarang lektor. (St. Sigit Pranoto, SCJ)

Sumber: Majalah Utusan No. 10, Tahun ke-60, Oktober 2010