You are here : Home Artikel Dunia Pustaka Seluk-Beluk Prodiakon

Seluk-Beluk Prodiakon

Judul: Kompendium tentang Prodiakon

Penulis: Emanuel Martasudjita, Pr

Penerbit: Kanisius

Tahun Terbit: 2010

Tebal buku: 126 halaman

Prodiakon Paroki berasal dari umat awam yang diangkat oleh Uskup untuk melayani ibadat atau liturgi di Parokinya dalam jangka waktu tertentu. Sebagai umat awam, latar belakang mereka tentu berbeda-beda. Tidak semua Prodiakon, secara formal atau informal, pernah belajar tentang pelayanan ibadat atau liturgi. Padahal untuk dapat melayani Gereja dengan baik, mereka harus memahami dan menghayati seluk-beluk Prodiakon. Oleh karena itu mereka perlu sarana, bimbingan, dan pembinaan untuk mengantarkan mereka kepada pemahaman dan penghayatan sebagai prodiakon.

Buku Kompendium Tentang Prodiakon buah pena Rm. Emanuel Martasudjita, Pr ini kiranya layak menjadi salah satu sarana bagi para Prodiakon untuk memahamio dan menghayati seluk-beluk Prodiakon. Sebagai sebuah kompendium atau ringkasan, buku ini menyajikan semacam panduan bagi Prodiakon secara padat, ringkas, dan sederhana.

Menilik isinya, buku ini memuat pengertian dan sejarah Prodiakon, peran kaum awam dalam liturgi Gereja, syarat dan tugas Prodiakon Paroki, profil Prodiakon yang baik, spiritualitas hidup Prodiakon, paham dasar liturgi bagi Prodiakon, perlengkapan liturgi bagi Prodiakon Paroki, pelayanan penerimaan Komuni, pelayanan sabda, serta pelayanan ibadat sakramentali-devosi.

Buku ini tidak hanya layak dibaca oleh para Prodiakon baru, mereka yang senior pun seharusnya wajib memiliki dan membaca buku ini. (Willy Putranta)

Sumber: Majalah Utusan No. 08, tahun ke-60, Agustus 2010