You are here : Home Artikel Yang Terkini Rapat Komsos Se-KAJ

Rapat Komsos Se-KAJ

Minggu, 14 Maret 2010 berlangsung Rapat Komsos (Komunikasi Sosial) Se-Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yang dipimpin langsung oleh Romo Harry Sulistya, Pr. Dalam sesi pertama, dipresentasikan tentang Visi dan Misi Komsos KAJ serta diskusi mengenai Komsos di Paroki masing-masing yang telah berdayaguna dan berhasilguna.  Dari sekian banyak media di bawah Komsos Paroki, apakah umat dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan?  Apakah bentuk dukungan Paroki kepada Komsos-nya? Diberikan juga penjelasan tentang Peringatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-44 di minggu ke-2 bulan Mei mendatang yang akan diisi dengan Homili Misa Kudus Minggu itu yang bertemakan Hari Komsos Sedunia, mengadakan Sarasehan “Tradisi Membaca dan Tren Berkatekese di Era Teknologi Komunikasi”, dan peluncuran “Duta Buku” serta “Gerakan Keluarga Membaca”.  

Sesi selanjutnya diisi dengan presentasi dari Tim Website KAJ yang mengutarakan ide “link” seluruh Paroki KAJ ke satu wadah yaitu Website KAJ.  Juga mengenai Orang Muda Katolik (OMK) Gereja Salvator yang membimbing teman-teman OMK lainnya untuk membuat film pendek independen yang digunakan secara nasional untuk kampanye anti narkoba, serta beberapa wakil dari media cetak dan tivi.  
Sebelum Rapat ditutup, diadakan juga bagi pengalaman antar Komsos se-Dekenat.  Paroki Trinitas, Cengkareng yang termasuk dalam Dekenat Barat II duduk bersama teman-teman Komsos dari Paroki MBK (Tomang), St. Mathias Rasul (Kosambi), dan St. Andreas (Kedoya).  Dalam bagi pengalaman itu, satu hal yang terekam bahwa keberadaan Komsos di setiap Paroki pada dasarnya adalah sama, yaitu kekurangan “pekerja” yang setia.

Di Trinitas, Seksi Komsos membawahi beberapa Sub-Seksi:  (1) Majalah Sabitah yang terbit 2 bulan sekali dan telah memasuki tahun ke-7; (2) WAPITA – warta mingguan yang memuat jadwal kegiatan, petugas liturgi, dll; (3) Perpustakaan yang berjalan sejak tahun 2006; (4) Website Trinitas yang mulai mengudara kembali di tahun 2008; (5) MaDing – majalah dinding yang dikelola oleh anak-anak muda Katolik; dan (6) Dokumentasi.

Berikut ini adalah jadwal mimbar agama Katolik di beberapa stasiun tivi/radio swasta/nasional hasil kerja bersama Komsos KAJ:

RCTI:
Lembar Kasih (Minggu ke-4, pkl. 12.30)

Global TV:
Sentuhan Kasih Katolik (Minggu ke-2 dan ke-4, pkl. 14.00)

TPI:
Bimbingan Rohani Katolik (Minggu ke-1, pkl. 07.00)

Spacetoon (saluran tivi anak):
Mutiara Hati (setiap hari Minggu, pkl. 15.30)

Family TV:
Jejak Kasih Tuhan (Sabtu/Minggu, pkl. 12.00)

Radio Republik Indonesia (RRI):
Siaran Rohani Katolik

Radio Cakrawala:
Oase Rohani Katolik (setiap hari, pkl. 05.30)

(Kontribusi:  Devi dan Mylla – Tim Komsos Paroki Trinitas, Cengkareng)