You are here : Home Artikel Yang Terkini Aksi Peduli Sesama Menyambut Idul Fitri

Aksi Peduli Sesama Menyambut Idul Fitri

Setiap tahunnya, dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) yang berdekatan waktunya dengan Hari Raya Idul Fitri, Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) selalu membentuk Panitia Aksi Peduli Sesama (APS) yang dikenal dengan nama Panitia HPS/APS. Dalam kepanitiaan ini, PSE bekerjasama dengan Ibu-Ibu WKRI Cabang Trinitas.

Kegiatan HPS/APS di Paroki Trinitas Cengkareng telah mulai diadakan sejak tahun 2004 sesuai dengan arahan dari Komisi PSE Keuskupan Agung Jakarta. Tujuannya adalah untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang pra-sejahtera dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, khususnya menjelang Hari Raya Lebaran.

Untuk tahun 2009 ini, Panitia HPS/APS menyediakan paket murah yang berisi
5 liter beras, 10 bungkus mie instant dan 1 kg gula pasir. Setiap paket ini dijual dengan harga Rp 10.000,- Paket murah ini disalurkan melalui Lingkungan-Lingkungan - terutama kepada Lingkungan yang penduduk sekitarnya merayakan Idul Fitri.

Panitia mengawali kegiatan HPS/APS dengan mengadakan rapat bersama para Ketua Wilayah, Ketua Lingkungan, dan Ketua Seksi Sosial Lingkungan. Dalam rapat ini disosialisasikan beberapa hal, antara lain: jadwal dan prosedur mengajukan paket murah, cara mengisi formulir paket murah, dan kriteria warga yang dapat membeli paket murah tersebut.

Dengan dikoordinir oleh Ibu Fransiska Suhadi dan Ibu Endang Tohar, Panitia pun bekerja keras melakukan langkah-langkah selanjutnya seperti antara lain pengumuman di mimbar gereja oleh ibu-ibu WKRI untuk memohon kemurahan hati umat agar ikut berperanserta dalam pengadaan sembako yang diperlukan Panitia - karena memang, sumber dana kegiatan ini diharapkan terkumpul dari sumbangan baik natura maupun materil dari umat Paroki Trinitas Cengkareng, membuka posko penerimaan proposal dan sumbangan umat, membungkus dan mengepak paket-paket yang dibutuhkan, dan menyalurkan paket-paket ke Lingkungan-Lingkungan.

Tahun ini, Panitia HPS/APS telah menyalurkan sebanyak 2.797 paket. Dengan memanjatkan syukur kepada Allah, Panitia ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada umat dan para donatur yang telah beramal kasih membantu program paket murah ini, sehingga semua kebutuhan telah dapat terpenuhi dan kegiatan ini pun dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga Tuhan senantiasa melimpahkan berkatNya kepada kita semua, Amin. (Julius Husen)

Sumber: Majalah Sabitah No. 40/VII, November-Desember 2009