You are here : Home Artikel Yang Terkini Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

"Inilah TubuhKu yang ditumpahkan bagimu. Inilah DarahKu yang ditumpahkan bagimu. Lakukanlah ini akan peringatan kepadaKu."

 

Minggu tanggal 19 Juni 2022, seluruh Gereja merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Gereja Trinitas menyelenggarakan tiga kali misa.

 

Misa Minggu pukul 09.00 di Gereja Trinitas dipimpin oleh Romo Rudi Rahkito Jati, OMI. Romo Rudi mengawali kotbah hari ini dengan kisah nyata mukjijat Ekaristi di Bolsena pada tahun  1263 yang menjadi latar belakang Paus Urbanus IV pada tanggal 11 Agustus 1264 mengeluarkan keputusan tentang adanya hari raya Tubuh dan Darah Kristus dalam kalender liturgi Gereja Katolik.

Selanjutnya Romo  bertanya kepada semua umat, "Apa yang mendorong kita datang ke Gereja tiap hari Minggu?" Ada beberapa kemungkinan alasan.

Alasan pertama karena Tuhan Yesus yang meminta. Kita menanggapi ajakan Tuhan dengan hadir dalam misa untuk membalas kasih-Nya.

Alasan kedua karena Ekaristi adalah sebuah paket doa resmi Gereja yang lengkap, tertata  dan indah.

Alasan ketiga adalah Ekaristi merupakan Sakramen, tanda dan sarana untuk keselamatan kita. Dalam Ekaristi, kita "makan dan minum"  tubuh dan darah Kristus, yang adalah Sabda dan Kasih-Nya. Ini adalah makanan jiwa yang menjadi bekal untuk perjalanan hidup kita.

Semoga kita makin mencintai Ekaristi.