You are here : Home Artikel Yang Terkini Misa Sabtu Vigili di Gereja Trinitas

Misa Sabtu Vigili di Gereja Trinitas

Pada malam Paskah 2022, di Gereja Trinitas diselenggarakan 2 kali misa,  dengan kuota tiap misa sebanyak 800 orang.

Misa pertama pada jam 17.00 dipimpin oleh Romo Basir Karimanto, OMI. Misa kedua pada jam 20.30 dipimpin oleh Romo Rudi Rahkito Jati, OMI.

 

 

Misa malam Paskah terbagi dalam 4 bagian:

1. Upacara LiLin Paskah yang menjadi simbol Kristus yang telah bangkit dari kematian kini menjadi cahaya atau sang terang bagi dunia.

2. Liturgi Sabda

3. Pembaharuan Janji Baptis

4. Liturgi Ekaristi

Dari homili yang disampaikan oleh Romo Rudi, bisa kita petik sebuah pesan lebih jauh tentang "Revolusi kasih". Revolusi kasih artinya paham kasih lama, yang bersyarat, yang telah diajarkan oleh nenek moyang Israel (bdk. Imamat 19:18 ; Mat.7:12) kini diubah secara dasariah oleh Kristus menjadi  "Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang sahabat yang memberikan nyawaNya untuk sahabat-sahabatNya" (Yoh.15:13). an Yesus betul-betul membuktikan hal itu dengan rela wafat di salib serta dalam keadaan sakit maupun terhina yang luar biasa di Golgota itu Ia juga mengungkapkan kasihNya kepada BapaNya : "Ke dalam tanganMu Kuserahkan nyawaKu... Sudah selesai." Artinya, semuanya yang ada padaNya telah Yesus berikan kepada Allah maupun manusia. Itulah Revolusi Kasih. Revolusi Kasih itu juga bisa diibaratkan seperti sebuah pohon yang baik dan Paskah adalah buah yang terbaik yang dihasilkan oleh pohon itu. 

Paskah Kristus membuat Maria Magdalena bahagia.Ia bahagia karena hal itu menjadi bukti bahwa kasih dan berharap kepada Yesus itu tidak sia-sia. Marilah kita bersyukur atas jasa Yesus itu sekaligus kita akan mengusahakan hidup sehari-hari yang diinspirasikan oleh Revolusi Kasih agar kelak kita beroleh buah anugerah Paskah. Salah satu ciri orang yang mau menghayati Revolusi Kasih adalah makin hari makin rendah level egoisnya.

Misa malam Paskah berjalan meriah  khusyuk dan aman.

Terima kasih kepada Panapas, para relawan misa offline dan segenap petugas, termasuk aparat keamanan yang telah bekerja dengan baik.

Akhir kata : Selamat Paskah 2022 kepada segenap umat Trinitas.