You are here : Home Artikel Yang Terkini Misa Syukur Tutup Tahun Gereja Trinitas 2021

Misa Syukur Tutup Tahun Gereja Trinitas 2021

Misa Syukur Tutup Tahun 2021

Akhir tahun 2021 telah tiba.

Kita menyadari bahwa waktu adalah pemberian Tuhan, di dalam waktu kita mengalami segala-galanya. Maka dengan penuh syukur kita kembalikan kepada Tuhan segala yang telah kita terima dari-Nya. Kita telah memulai bersama Tuhan, maka di penghujung tahun 2021 ini, kita juga sejenak duduk bersama-Nya dalam Misa tutup tahun dengan penuh rasa syukur.

Misa tutup tahun 2021 di Gereja Trinitas, Cengkareng, dipimpin oleh Pastor Rudi Rahkito Jati, OMI.

Perayaan Ekaristi Kudus malam ini dibuka dengan lagu "Alam Raya Karya Bapa".

 

 

Kotbah Romo

Misa malam ini menjadi lebih bermakna dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh Pastor Rudi sebagai pegangan dalam menapaki tahun baru 2022.

Ada 5 pesan yang disampaikan oleh Romo sebelum menutup tahun 2021. Yaitu :

1. Sejenak duduk dan melihat sejarah hidup selama satu tahun ini.

2. Melihat kembali apa saja yang telah kita lakukan

3. Memetik hikmah, pelajaran dari semua yang telah terjadi sebagai catatan untuk perbaikan di tahun yang akan datang

4. Minta maaf pada Tuhan, keluarga, komunitas, dan orang lain atas kelemahan dan kekurangan selama tahun 2021

5. Poin paling penting dan tersirat dalam bacaan Injil yaitu jangan lupa bersyukur dan tersenyum untuk bertima kasih kepada Tuhan atas segala yang diberikan pada kita.

"Karena dari kepenuhan-Nya, kita telah menerima kasih karunia demi kasih karunia. Sebab hukum taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang melalui Yesus Kristus" (Yoh 1:16-17)

 

Kesimpulannya, "Allah itu, baik. Allah itu baik karena memberikan Kristus kepada kita yang kita imani menjadi sumber yang tidak pernah habis dari aneka kasih karunia bagi kita , entah kita memintanya atau tidak. Selain itubada orang di sekitar kita yang telah bernuat baik , namun kita terkadang lupa mengucapkan terima kasih.

Khotbah ditutup dengan video tentang perbuatan baik yang menginspirasi kita untuk selalu melakukan kebaikan kepada sesama sebagai ungkapan syukur dan terima kasih kita pada Tuhan.

Perayaan Ekaristi Kudus tutup tahun 2021 ini sungguh memberi makna dan semangat untuk menapaki tahun baru 2022 bersama Tuhan.

Misa diakhiri dengan berkat dari Romo dan diiringi lantunan lagu "Para Malaikat Bernyanyi".

Terima kasih Ya Tuhan.