You are here : Home Artikel Umat Berbagi Redesign Website Gereja Trinitas

Redesign Website Gereja Trinitas

Di tengah kesibukan kerjanya, Sabitah berhasil mengkontak dan mewawancarai Sdr. Yofie Setiawan, Mudika Paroki Trinitas Cengkareng yang bersedia meluangkan waktunya untuk memperbaiki dan membantu proses redesign website Trinitas, dan juga mengelolanya. Berikut adalah petikan wawancaranya.

1. Kenapa kamu tertarik untuk mendesign ulang website Trinitas?

Ya bisa dibilang ini kebetulan saja. Sebelumnya saya justru tidak banyak tahu tentang website trinitas.or.id, bahkan saya tidak menyadari eksistensinya. Mungkin karena saya kurang perhatian juga. Awalnya bermula karena saya hendak memasang iklan di papan pengumuman gereja terkait dengan jasa web design saya, yopdesign.com. Karena beberapa bulan terakhir ini saya aktif dalam kegiatan developing website, jadi saya bermaksud sedikit berekspansi lewat iklan poster yang mungkin bisa saya pasang di papan pengumuman gereja.

Setelah bertanya ke sekretariat apakah saya boleh memasang iklan di papan pengumuman, saya diminta untuk menghubungi ko Yucai terlebih dahulu. Lalu saya coba menghubungi ko Yucai, sayangnya ternyata saya tidak bisa memasang iklan yang terkait dengan kegiatan usaha di papan pengumuman gereja. Namun beliau mengusulkan saya untuk memasang iklan di majalah sabitah. Namun setelah mengetahui kegiatan usaha yang hendak saya tawarkan di iklan, beliau mengusulkan saya untuk membantu redesign website trinitas.or.id yang saat itu kurang ter-update dengan baik. Tentu saja saya tidak menolak, karena kegiatan design website bisa dibilang satu kegiatan yang menarik buat saya. Apalagi dalam kesempatan kali ini selain saya memberikan satu pelayanan untuk gereja, saya juga bisa menambah portfolio karya website saya. Dan tentunya menjadi satu tantangan tersendiri buat saya dalam membuat satu website komunitas. Karena saya belum pernah mendapatkan kesempatan untuk membuat website komunitas.

Namun ada tantangan lain ketika saya mengetahui bahwa website terdahulu sempat di hack dan mengakibat kerusakan total pada seluruh isi website. Yah saya juga tidak yakin dengan bagaimana cara orang tersebut melakukan hack. Tapi saya bisa memperkirakan beberapa kelemahan yang mungkin menjadi lubang tersendiri buat para pelaku hack. Saya harap tidak perlu ada yang sampai repot-repot melakukan itu. Karena saya juga sudah menyediakan pagar dan juga back-up untuk mengatasi hal ini apabila sampai terjadi. Untuk pencegahannya saya melakukan beberapa konfigurasi tersendiri pada website ini.

 

2. Apa aja sih isi webs?

Untuk saat ini, masih belum terlalu banyak content yang bisa saya sajikan, karena team kontributor artikelnya sendiri masih belum terbentuk. Jadi untuk sementara saya hanya memasukkan beberapa artikel renungan yang saya dapat dari sumber-sumber tertentu. Tentu saja artikel yang terkait dengan perkembangan iman dan rohani. Selain itu saya juga menyediakan tempat untuk pengumuman penting dari wapita yang tentunya akan terus di update setiap minggunya, karena website ini juga sebagai wadah komunikasi antara gereja dengan umat, terutama dalam pemberitaan suatu kegiatan. Juga ada Trinitasvision yang bisa digunakan untuk tempat streaming video terkait dengan kegiatan gereja. Karena sementara ini belum ada jadi saya masukkan saja video klip hillsong di sana haha... Sebuah band rohani asal Sydney, Australia. Selain itu ada polling yang bisa diisi oleh pengunjung situs, jadwal misa mingguan, peta paroki, guestbook sebagai tempat testimonial dari umat yang datang berkunjung, dan masih banyak fitur tambahan yang nantinya akan saya tambahkan mengikuti dengan isi content dari website itu sendiri.



3. Ke depannya, website ini mau dikembangin seperti apa?

Saya ingin meng-organisir isi content dari website ini dengan lebih baik sehingga bisa memudahkan umat dalam mencari informasi terkait dengan gereja Trinitas. Pembagian menu yang terarah sesuai dengan kebutuhan umat. Untuk komunikasi yang lebih baik nantinya saya akan membuat satu forum sebagai tempat ngobrol-ngobrol, sharing, dan bertukar pikiran. Tapi tentu saja itu membutuhkan admin yang bisa aktif menjaga forum tersebut supaya isinya tetap terarah. Lewat forum, nantinya komunikasi antara umat bisa menjadi jauh lebih kompleks, tapi untuk awalnya saya rasa website ini belum perlu dibawa sampai ke arah sana, karena saya perhatikan tingkat visitornya masih bisa dibilang sedikit.


4. Apa harapan kamu untuk website ini?


Dewasa ini internet sudah menjadi satu bagian pokok dalam dunia komunikasi di Indonesia, termasuk Jakarta. Banyak orang membuat situs toko online, company profile, website komunitas, perkenalan kegiatan, dan sebagainya. Semua karena kemudahan yang kini bisa kita dapat untuk akses internet. Sehingga kemudahan dalam mendapatkan berita secara cepat bisa kita dapatkan lewat internet atau website terkait. Saya sendiri secara pribadi sebetulnya meyakini bahwa umat trinitas sekarang ini pasti sudah banyak yang memiliki akses internet, entah itu di rumah atau di kantor.

Harapan saya simple saja, saya harap website ini bisa jadi satu wadah untuk seluruh umat paroki Trinitas Cengkareng sebagai tempat menumbuhkan iman dan juga sarana komunikasi antara gereja dengan umat. Tempat umat gereja mendapatkan informasi mengenai kegiatan-kegiatan di gereja. Sehingga umat tidak ketinggalan berita, terutama umat yang mungkin sedang berada jauh dari kampung halamannya, mungkin karena sedang ada studi atau tugas kerja di luar negeri. Ya saya mengharapkan ada "sense of belonging" dari umat untuk website ini. Karena website ini adalah rumah kita bersama, dari yang muda sampai tua, semua bisa mengakses website ini.

 

4. Ada pesan-pesan khusus untuk umat yang berkunjung ke website ini?

Semoga website ini bisa jadi satu site yang menarik untuk dikunjungi umat Paroki Trinitas dari segala kalangan. Tuhan memberkati kita semua...