You are here : Home Artikel Umat Berbagi Trinitas.or.id

Trinitas.or.id

Bukan pekerjaan mudah dalam melakukan redesign sebuah website. Apalagi dalam membuat satu website komunitas. Yang tentunya terkait dengan trinitas.or.id ini. Mencoba mengeksplorasi wadah yang saya yakini bisa menjadi satu tempat yang berguna buat banyak umat paroki Trinitas, terutama mereka yang banyak menggunakan akses internet. Seperti yang kita ketahui kini penggunaan akses internet sudah menjadi satu hal yang lumrah. Semua dikarenakan perkembangan tekhnologi yang begitu cepat berputar. Kalau yang dulunya menggunakan Media Cetak sebagai alat komunikasi dan promosi. Kini kita punya internet untuk pengganti hal tersebut. Yah pada akhirnya ini hanya masalah selera. Untuk peminat media cetak bisa membaca Majalah Sabitah. Sementara mereka yang senang browsing, bisa membaca perkembangan Gereja Katholik Trinitas lewat official website ini.

Saya akan menjelaskan sedikit terkait dengan redesign website trinitas.or.id. Penggunaan warna tentu menjadi satu kendala utama dalam proses design. Saya bukan tipe designer yang suka memadukan terlalu banyak warna, karena kecenderungan itu seringkali menghasilkan tabrakan warna sehingga bisa mengakibatkan suatu design yang kurang enak dilihat oleh mata. Warna biru langit nyaman di mata dan saya pikir ini adalah pilihan yang tepat.

Untuk headernya sendiri saya tracing dari logo lama yang masih berupa file bitmap yang agak kasar. Saya tracing logo lama tersebut dalam Coreldraw X3. Tentu saja dengan tujuan untuk menghasilkan satu logo yang bersih dan apik sesuai dengan kebutuhan. Ada yang sempat bilang ke saya kalau logonya terlihat seperti pentagram. Saya juga kurang tau dengan jelas apakah itu pentagram haha...

Untuk fitur di website ini sendiri masih akan terus saya kembangkan lebih lanjut. Karena saya tahu bahwa kebutuhan akan satu website komunitas akan menjadi sangat kompleks. Oleh karena itu saya meyakini pentingnya pengembangan lebih lanjut yang tidak hanya stuck dalam penggunaan design dan content yang seadanya saja. Tentu itu akan membuat website menjadi monoton dan tentu saja terasa membosankan nantinya.

Berikut akan saya jelaskan beberapa fitur yang menarik di website trinitas kali ini.

  1. Trinitasvision : Yang menarik kali ini ada Trinitasvision, satu modul yang menarik, saya membayangkan kalau Trinitas ada event atau wawancara yang bisa diliput dan menghasilkan video yang tinggal di upload dengan mudahnya ke youtube.com, salah satu situs video streaming tingkat dunia. Kapan - kapan mungkin saya akan bernarsis ria memasang video saya sendiri di sana apabila modul itu nganggur tak terpakai haha...
  2. Polls : Ini juga modul yang menarik. Anda tentu sering lihat iklan reklame A-Mild yang belakangan membuat metode aneh dengan sistem iklan pollingnya. Nah, kita ada jenis metode yang sama. Dengan modul Polls ini umat bisa diberi kesempatan untuk melakukan polling dan melihat bagaimana reaksi dan tanggapan dari kebanyakan umat dari satu pertanyaan tertentu. Tentunya umat yang ikutan polling ini hanya mereka yang sempat berkunjung ke halaman website, itu berarti tidak semua umat.
  3. Latest Articles : Ini hanya sebuah modul simple yang memudahkan para pengunjung situs untuk mengakses halaman full dari artikel-artikel terbaru yang kami sediakan.
  4. Popular : Modul ini untuk menampilkan artikel-artikel yang paling sering di baca atau dibuka oleh pengunjung-pengunjung situs ini.
  5. User Menu : di sini saya menyediakan 1 menu standard yaitu untuk menampilkan detail account anda secara sederhana, lalu untuk para anggota yang sudah melalui ijin dan seleksi bisa mendapatkan authorized untuk menu Submit an Article, yang berguna untuk memudahkan anda men-submit article-article baru yang isinya diharapkan berguna untuk perkembangan iman umat terutama.
  6. Guestbook : Ini adalah satu menu yang umum dipakai pada kebanyakan website, semacam testimonial yang bisa diisi oleh pengunjung situs. Jangan lupa tinggalkan pesan anda di sini apabila anda mampir.

Untuk menu-menu lainnya akan saya kembangkan lagi lebih lanjut. Ke depannya akan saya usahakan menu-menu baru seperti gallery, forum, dsb. Menunggu waktu dan kesempatan yang tepat tentunya.

Harapan saya semoga website ini bisa menjadi wadah perkembangan iman umat dan komunikasi yang terarah dengan baik. Karena saya meyakini bahwa dewasa ini website sudah menjadi satu hal yang nyaris bisa dibilang satu kebutuhan yang primer dalam dunia komunikasi. Perkembangan tekhnologi begitu pesat dan sekarang ini hampir tiap rumah bisa memiliki akses internet dengan harga yang cukup terjangkau. Mudah-mudahan website ini bisa menjadi berkat untuk semuanya.

Tuhan memberkati kita semua.