You are here : Home Renungan Semenit Bermakna AWAS, Penyakit Baru Mengancam

AWAS, Penyakit Baru Mengancam

Dunia semakin maju.  Zaman telah berubah.  Berbagai penyakit baru pun bermunculan.  Termasuk 4 penyakit berbahaya di bawah ini:

Ogah Prihatinis

Penyakit yang disebabkan oleh virus SSG (Suka Suka Gue) ini gampang menyerang pada anak-anak remaja, tetapi kalau tidak hati-hati orang tua pun bisa kena.

Gejala-gejalanya:
(1)  biasanya nafsu makan tinggi, badan cepat besar, bongsor, gemuk dan bawaannya pingin happy-happy, senang-senang melulu, dan ogah menderita;
(2) malas, lesu dan badan mudah capek dalam bekerja atau belajar, maka biasanya pasien menjadi lebih suka menonton dari pada membaca dan bermain daripada belajar atau bekerja;
(3) Sebagai akibatnya daya tahan tubuh turun, mudah ngantuk, mudah lupa dan akibatnya akan menaikkan kadar kolestolol.

Penyakit ini susah disembuhkan. Sampai sekarang ini belum ada obat yang manjur untuk mengatasinya. Ini sangat merepotkan keluarga, guru, romo, pasangan hidup bahkan Tuhan pun pusing!


Hartanitis

Penyakit ini disebabkan oleh virus HUV (Hidup untuk Verut). Biasanya menyerang kaum dewasa yang sudah bekerja, alias tahu duit. Lebih ganas daripada penyakit Anjing gila atau Sapi Gila.

Gejala-gejalanya:
(1) Mata menjadi hijau (alias mata duitan!);
(2) Tenggorokan kering dan terasa haus terus (haus uang, haus barang, haus sukses dll);
(3) Susah tidur, otak berputar-guhar terus!

Pasien ini hanya bisa tidur 3-4 jam saja sehari. Kalau sudah parah, penyakit ini akan membuat pasiennya hilang ingatan. Maka perlu cepat-cepat dilarikan ke gereja atau tempat-tempat ziarah. Jika perlu, setelah konsultasi dengan dokter, boleh Juga diminta opname di rumah retret.

 

Gengsianitis

Penyakit ini menyerang segala umur, dari anak-nak sampai oma-oma. Penyakit ini ditularkan dari mulut ke mulut, dan juga lewat layar kaca. Penyebab belum terdeteksi, nampaknya asli dari dalam diri sendiri, setan pun kagak tahu.

Gejala-gejalanya:
(1) Kepala mendongak ke atas, wajah menyeramkan, dan gampang marah, karena penyakit ini menyerang otak pengendali rasa malu dan menaikkan kadar sombongsit sehingga pasien akan merasa lebih dari yang lainnya;
(2) Khusus untuk pasien berumur muda, penyakit ini bisa membuat pasien alergi terhadap terik matahari, suka yang halus-halus saja, serta demen berada di ruang ber-AC, berjam-jam di salon, doyan jamu-jamu, lotion, dan segala perawatan tubuh. Kalau sudah parah, penyakit ini bisa sungguh amat sangat menakutkan. Pasiennya gampang lupa - lupa pada dirinya, lupa pada temannya dan lupa pada Penciptanya.


Shopping Syndrome

Penyakit ini biasa menyerang kaum wanita, terutama umur 25-55 tahun.

Gejaia-gejalanya:
(1)  Kalau melihat baju dan sepatu baru, mata susah berkedip, wajah berbinar-binar, tangan gemetaran dan mulut ngiler;
(2) Kaki tak bisa diam, tak betah di rumah, dan pingin keluyuran melulu ke mall dan supermarket.

Kalau sudah parah, penyakit ini tidak tanggung-tanggung serangannya.

Stadium 2: dompet sendiri.

Stadium 3: dompet teman alias ngutang.

Stadium 4: dompet suami bisa amblas.
 
(Romo Henricus Asodo, OMI, Rektor Seminari Tinggi OMI, Yogyakarta)


blog comments powered by Disqus