You are here : Home Renungan Intisari Homili Selamat Hari Pentakosta

Selamat Hari Pentakosta

AIR KEHIDUPAN

"Kita semua diberi minum dari satu Roh." (1 Korintus 12:13)

Hari ini, pada Minggu Pentakosta dan ulang tahun Gereja, Allah mengundang kita untuk minum air kehidupan, yaitu Roh Kudus.  Dalam Alkitab sering Roh Kudus digambarkan seperti "suatu barang cair", entah "air" atau "minyak".

Jika kita memutuskan untuk meminum air kehidupan, Roh Kudus akan mendorong kita mengungkapkan diri kita dalam bahasa-bahasa asing, dan menjadikan kita tegar dan berani dalam mewartakan (KIS 2:4) "perbuatan besar yang dilakukan Allah" (KIS 2:11).  Jika kita melakukan ini, beberapa orang akan salah duga bahwa kita dikira sedang mabuk minuman keras (KIS 2:13).  Akan tetapi banyak dari orang-orang itu akan mengubah pikiran mereka dan lalu memberikan hidup mereka kepada Yesus, serta juga meminum air kehidupan yaitu Roh Kudus.

 

Akan tetapi, sebagian lagi orang akan menolak untuk minum dan mereka lalu akan menolak kita dan menganiaya kita yang sudah meminumnya.  Jika kita memutuskan untuk minum, kita akan menerima salib dan Pentakosta, kuasa dan aniaya dan penolakan tetapi juga sukacita.  Minum air kehidupan Roh Kudus adalah "minuman campuran".  Biasanya kita menginginkan sebagian saja, tidak semua dampak dan buah bila kita menerima Roh Kudus.

 

Untuk mengambil keputusan yang benar, janganlah kita terpusat kepada minuman itu dan akibat yang dihasilkannya, namun kita harus berfokus kepada Yesus, Pribadi yang menawarkan kita minuman itu.  Yesus menyatakan: "Baiklah ia datang kepadaKu dan minum!" (Yoh 7:37-38).  Ketika kita percaya kepada Yesus, kita akan dengan bangga menerima setiap minuman atau apa pun yang Ia berikan kepada kita.  Kita percaya kepadaNya dan yakin akan kasihNya.

Di hari terakhir dari 90 hari Masa Prapaskah dan Paskah, dan setelah 9 hari berdoa Novena kepada Roh Kudus, mari kita minum air Roh Kudus.

Alleluia!  Selamat hari Pentakosta!

Bacaan Kitab Suci H.R. Pentakosta:

Bacaan 1: KIS 2:1-11

Bacaan 2: 1 Kor 12:3b-7, 12-13/Rm 8:22-27

Bacaan Injil: Yoh 14:15-16, 23-26

(Satu Perjamuan Satu Jemaat, 23 Mei 2010, Renungan Harian berdasarkan Bacaan Misa Harian, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta)


blog comments powered by Disqus