You are here : Home OMK Liputan LDK Tim PD St. Thomas Aquinas

LDK Tim PD St. Thomas Aquinas

Pada tanggal 28-29 Maret 2012 PDOMKK St. Thomas Aqunias mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang ditujukan untuk TIM PDOMKK. LDK ini merupakan suatu moment yang telah dipersiapkan untuk mengubahkan setiap pribadi yang ada di dalam TIM PDOMKK St. Thomas Aquinas.

Adapun tujuan dari LDK ini adalah:

  1. Menjadi pribadi yang berkemenangan dalam Kristus
  2. Menonjolkan karakter Kristus
  3. Mengenal karakter setiap orang
  4. Cepat merespon meskipun keadaan tidak sesuai dengan rencana dan keinginan kita

Semua itu kami terima dalam bentuk teori (pengetahuan dengan Firman) yang dibawakan oleh Tante Rosa & Om Stefanus, serta secara praktek (implementasi di alam bebas) yang di pandu oleh rekan-rekan Mutripala.

Awalnya banyak diantara kami yang merasa tidak nyaman, kesal dan marah dengan tindakan dari Mutripala yang kami nilai terlalu strick. Bayangkan, kami harus memanggil setiap anggota mutripala dengan panggilan “kakak” padahal kebanyakan dari mereka adalah teman kami sendiri yang sering kami jumpai di gereja. Hendra Mutripala contohnya, pria yang biasanya sering bercanda gurau dengan kami menjadi sangat galak, tegas, dingin bahkan tak ada setitik senyumpun yang kami lihat di wajahnya.

Suasana begitu tegang ketika berhadapan dengan mutripala, lalu mencair ketika ditugaskan untuk memasak dalam kelompok dengan bahan makanan yang ditentukan oleh panitia sehingga ada kelompok yang hanya diberi bahan makanan tauge dan ikan teri. Sehabis menikmati sarapan pagi hasil masakan kami sendiri, kami mulai mengikuti sesi-sesi berikut ini :

  • Disiplin dan Bertanggung jawab
  • Kejujuran
  • Tunduk pada otoritas
  • Teamwork
  • Rasa memiliki dan kepedulian

 

Semua sesi dan teori yang kami terima langsung dipraktekan ketika kami berada di alam bebas bersama dengan tim dari Mutripala.

Kami juga mendapat 3 moto yang harus kami ingat dan katakan dengan lantang, yaitu;

  1. DISIPLIN DIRI MEMPERMUDAH MENCAPAI TUJUAN
  2. PEMENANG ADALAH YANG MAMPU MENGALAHKAN DIRI SENDIRI
  3. PELAYANAN ADALAH SUATU KEHORMATAN BUKAN BEBAN

Setelah mengikuti sesi demi sesi baik secara teori maupun praktek, kami bersyukur telah menjadi bagian dalam acara LDK ini yang membentuk karakter kami dan menjadikan kami pribadi yang berbeda setelah mengikuti LDK ini.

Rasanya tidak pernah berhenti kami bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yesus Kristus karena telah mengizinkan LDK ini terjadi untuk mengubah pribadi kami. Kami juga berterima kasih atas setiap panitia yang telah terlibat dalam acara LDK ini terutama para Pembina kami yaitu Ibu Rosalia Sianny Oniwati, Bpk. Antherus Tio dan Bpk. Stefanus Chik Tjai serta sahabat kami Karya Santi, Agustinus Istaryanto, Desi Deria Djapinus dan seluruh TIM MUTRIPALA.