You are here : Home OMK Liputan Go Green Christmas Tree

Go Green Christmas Tree


Dalam rangka menyambut hari kelahiran Yesus Kristus ke dunia, yakni Perayaan Natal, Antiokhia Trinitas bekerjasama dengan Seksi Lingkungan Hidup dan Panitia Natal/Paskah 2011/2012 untuk membuat sebuat pohon natal yang terbuat dari botol dan gelas plastik bekas. Pohon natal ini mempunyai tinggi sekitar 4 meter dan akan di pasang di sebelah patung Hati Kudus Yesus di Gereja Trinitas.

Pada awalnya, saya - Michael Tandaputra,  dan Stefanus Febri sebagai Koordinator Antiokhia Paroki Trinitas merasa tidak akan mungkin membuat pohon natal ini dalam waktu yang sangat singkat - 2 minggu sebelum Natal. Namun dengan pemikiran yang matang, akhirnya kami menerima tugas ini.

Dari Seksi Lingkungan Hidup dan Panitia Natal, kami mendapatkan dukungan yang baik berupa moril maupun materil.  Selain itu umat Paroki Trinitas pun ada yang menyumbangkan botol dan gelas plastik bekas. Jumlah botol dan gelas plastik bekas yang terkumpul kurang lebih sekitar 2.000 botol dan 2.500 gelas.

Desain pohon natal ini dirancang oleh Christianto Gunawan dan Ceacillia Ivonne. Proses pembuatan pohon natal ini dimulai pada 13 Desember dengan proses penyuntingan botol dan gelas plastik, melepaskan label merek, tutup botol, dan mencuci botol serta gelas plastic tersebut.  Setelah itu dipisahkan antara botol dan gelas, lalu mulai di buat lubang pada bagian atas dan bawah botol dan gelas plastic untuk dimasukkan kawat serta senar nylon yang nantinya akan membuat botol-botol dan gelas-gelas tersebut menjadi rangkaian yang melingkar.

Setelah rangkaian yang melingkar tersebut selesai, maka rangkaian-rangkaian tersebut siap untuk disusun dan dipasang di rangka setinggi sekitar 5 meter yang sudah dibuat.  Rangka dengan 4 tingkat ini pada tingkat pertama mempunyai diameter 2 meter, tingkat kedua berdiameter 1,5 meter, tingkat ketiga dengan diameter 1 meter, dan terakhir,  tingkat keempat, dengan diameter 0,5 meter. Rangka setinggi 5 meter ini ditancapkan ke tanah sedalam sekitar 1 meter sehingga membuat tingginya bersisa sekitar 4 meter.

Rangkaian melingkar botol dan gelas pun disusun mulai dari tingkat pertama sampai dengan tingkat keempat, setelah disusun kami menggunakan rangkaian tutup botol yang dilingkari di sekitar pohon natal sebagai hiasan, tidak lupa juga kami menggunakan bintang dengan lampu hias di puncaknya.  Lampu hias yang mengelilingi pohon dan lampu berwarna hijau yang dipasang di sepanjang rangka pohon ini memberikan nuansa warna yang indah saat malam hari.  Pohon natal ini akhirnya selesai dibuat pada 22 Desember dan rencananya akan terpasang di Gereja Paroki Trinitas, Cengkareng sampai bulan Januari 2012.

Akhirnya, kerja keras para Antiokhers untuk membangun pohon natal ini dari awal sampai akhir terbayar sudah.  Hasilnya memuaskan dan kami Antiokhia sangat bangga karena bisa berkontribusi untuk Gereja serta bekerja untukNya. Terima kasih untuk semua Antiokhers yang sudah membantu dalam pembuatan pohon natal ini. Terima kasih juga kepada Seksi Lingkungan Hidup dan Panitia Natal/Paskah 2011/2012 yang telah mempercayai kami - Antiokhia Trinitas - untuk pembuatan pohon natal ini. Akhir kata, Merry Christmas and Happy New Year for us all.  Semoga berkat Natal dan Tahun Baru menyertai kita semua and we keep on growing together in love!

(Kontribusi: Michael Tandaputra, Koordinator Antiokhia Paroki Trinitas, Cengkareng)