You are here : Home Iman Bagaimana Pandangan Resmi Gereja Katolik tentang Pembaharuan Karismatik?

Bagaimana Pandangan Resmi Gereja Katolik tentang Pembaharuan Karismatik?

Gereja Katolik sangat terbuka terhadap segala usaha dan sarana yang dapat menolong umat beriman menghayati imannya lebih baik. Begitu juga dalam menghadapi segala kelompok yang timbul sebagai wadah ungkapan iman yang baru. Gereja selalu berhati-hati. Tidak begitu saja menyatakan ‘Pro/setuju’ atau ‘Kontra/tidak setuju’. Semua dipantau dan dipelajari dengan bijaksana. Gereja selalu terbuka untuk ikut mengarahkan kepada praktik penghayatan iman yang benar, yang dipelihara dan disampaikan Gereja dari abad ke abad pada seluruh jemaatnya. Bila sudah diteliti, Gereja melalui Konferensi Uskup yang bersangkutan akan mengeluarkan Pedoman Pastoral tentang kelompok yang baru itu.
(Terhadap kelompok Pembaharuan Karismatik Indonesia, para Uskup dalam Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) telah mengeluarkan Pedoman Pastoralnya).
 
 
Sumber: Buku Tanya Jawab Pengetahuan (minimum) Hidup Menggereja, disusun oleh Johanes K. Handoko, Ketua Panitia Perayaan 30 Tahun Gereja Katolik Trinitas, Paroki Cengkareng, 2008

blog comments powered by Disqus