You are here : Home Artikel Lingkungan Hidup JAM BUMI - EARTH HOUR 2014

JAM BUMI - EARTH HOUR 2014

Demi untuk menyelamatkan bumi dari dampak pemanasan global, berbagai organisasi dunia tak henti-hentinya menghimbau seluruh penduduk bumi untuk lebih aktif lagi ikut ambil bagian dalam usaha mengurangi gas emisi karbon.  Sejak beberapa tahun yang lalu, organisasi nirlaba World Wildlife Fund (WWF) mengajak seluruh masyarakat dunia untuk berpartisipasi dalam “Jam Bumi”, yaitu gerakan 1 jam tanpa aliran listrik.  Kegiatan Jam Bumi tahun 2014 akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 Maret 2014, pkl. 20.30-21.30.   Apa yang dapat kita perbuat pada Jam Bumi 2014 ini?

Tentu, kita dapat melakukan “sesuatu” yang tidak terlalu sulit pada Jam Bumi tahun ini.  Anjuran utama pada Jam Bumi tersebut adalah dengan memadamkan aliran listrik selama 1 jam penuh.  Dalam kegelapan selama 1 jam, kita dapat mengisinya dengan mengikuti program Jam Bumi yang diadakan di lingkungan sekitar kita, berkumpul dan berbagi cerita dengan para tetangga sambil melihat kerlap-kerlip bintang di langit, berkumpul dengan keluarga sambil menyantap makan malam dengan penerangan lilin, berbagi cerita hingga bermain “Mencari Harta Karun”.  Kesempatan gelap  adalah kesempatan untuk hening yang dapat pula kita isi dengan  merenungkan penebusan kita oleh Tuhan Yesus Kristus, mendaraskan Rosario, berdoa bersama sekeluarga atau bersama umat Lingkungan lainnya, berefleksi atau merenungkan keajaiban kasih dan pertolongan Tuhan dalam hidup kita masing-masing, dan masih banyak cara lainnya lagi seperti mematikan semua perangkat elektronik yang selama ini mengelilingi kita – laptop, radio atau televisi portabel, telepon genggam, dll perangkat yang masih dapat difungsikan tanpa aliran listrik.

Gereja Katolik Trinitas, Paroki Cengkareng, ingin mengajak seluruh umat untuk ikut bergabung dalam kegiatan Jam Bumi sebagai tanda kepedulian kita bersama akan lingkungan hidup.  Kami mengundang seluruh umat untuk hadir di Gua Maria Trinitas dan Stasi Sta. Maria Imakulata, pada Sabtu, 29 Maret 2014, pkl. 20.30 untuk bersama berdoa Rosario Jam Bumi.

Mari kita bersama-sama bertanggungjawab akan keselamatan bumi anugerah Tuhan bagi kita semua.  Mulailah dari diri kita masing-masing. (ts)


blog comments powered by Disqus