You are here : Home Artikel Dunia Pustaka Cakrawala bagi Orang Katolik

Cakrawala bagi Orang Katolik

Judul Buku:  Pengetahuan Praktis Tentang Gereja Kristen Katolik

Penulis: A.P. Budiyono Hd.

Penerbit: Yayasan Pustaka Nusatama, 2009

Tebal: 288 halaman

 

Tidak semua orang Katolik memahami dan memiliki pengetahuan mendalam tentang iman dan Gerejanya.  Banyak orang Katolik tergagap ketika ditanya, terutama oleh orang non-Katolik, mengenai sejarah perkembangan Gereja, seluk-beluk Gereja Katolik, praktik hidup sebagai orang Katolik, dan sebagainya.

Padahal jika bisa menjawab, walau hanya mendasar, tentu akan memberi wawasan bagi orang yang bertanya.  Bagi orang Katolik sendiri, pengetahuannya tentang Gereja diharapkan dapat menguatkan dan mematangkan iman yang dianutnya.

Buku yang ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami ini menawarkan informasi dasar seputar Gereja Katolik.  Penulis buku ini pun dengan runtut memaparkan jejak sejarah Gereja Katolik sejak zaman para rasul, penyebarannya ke seluruh dunia, hingga perkembangannya di bumi Indonesia.

Pengetahuan tentang macam-macam Gereja disajikan dengan mengulik sejarah, persamaan, dan perbedaannya.  Secara umum Gereja dibedakan menjadi Gereja Kristen Katolik dan Gereja Kristen non-Katolik.  Namun secara tegas dinyatakan bahwa semua orang atau golongan agama yang berpegang pada iman dan ajaran Yesus Kristus disebut sebagai orang Kristen.

Isi buku secara keseluruhan lebih bersifat informasi dan pengetahuan, tidak terdapat unsur ajaran aau katekese.  Bagi orang Katolik, buku ini dapat memperluas cakrawala pengetahuan tentang seluk-beluk Gerejanya.  Buku ini pun layak dibaca oleh orang non-Katolik untuk menambah pengetahuan. (Willy Putranta)

Sumber: Majalah Utusan No. 11/Thn 59, November 2009