You are here : Home Artikel Dunia Pustaka Jiwa Keibuan Santa Klara

Jiwa Keibuan Santa Klara

Judul Buku: Santa Klara, Guru Hidup Kristiani

Pengarang: Fr. Salvatore M. Sabato, OFMConv.

Penerbit: Kanisius, Yogyakarta

Tahun terbit: 2012

Isi: 108 halaman

Fr. Salvatore M. Sabato, OFMConv. dalam bukunya Santa Klara - Guru Hidup Kristiani mencoba memaparkan kekaguman Gereja kepada puteri-puteri Klara yang pada tahun 2012 merayakan 800 tahun berdirinya Ordo Klaris (1212-2012).  Klara merupakan wanita pertama yang menulis suatu Anggaran Dasar (AD) hidup bagi religius.  Dengan jiwa keibuannya, Santa Klara mengasihi puteri-puteri Kristus yang memilih cara hidup yang ia ambil.  Jiwa keibuan itulah yang menyebabkan begitu banyak kesaksian mengenai kehidupannya.

Santa Klara sangat layak untuk dijadikan citra dalam penghayatan spiritualitas Kristiani.  Penghayatan itu dapat dijadikan teladan bagi kita yang berada dalam dunia multikultur pada zaman globalisasi yang penuh godaan dan anggapan bahwa warisan masa lalu tidak perlu diabadikan.  Santa Klara dan Santo Fransiskus menawarkan dan mewujudkan hidup berdamai, hidup dalam kehinaan, hidup saling menghormati, dan hidup yang menegakkan persaudaraan serta kebersamaan antara semua makhluk berbudi dan alam semesta.

Buku ini bukan lagi tersaji seperti biografi pada umumnya tentang Santa Klara, melainkan sarana untuk memperkenalkan lebih dalam lagi tokoh Santa Klara sebagai guru hidup Kristiani dan sekaligus guru iman bagi yang mengagumi kesederhanaan jiwanya. (Matheus Giovanni)

Sumber: Majalah Utusan No. 08, Tahun ke-62, Agustus 2012


blog comments powered by Disqus