You are here : Home Artikel Dunia Pustaka Bekal Katekis Pemula

Bekal Katekis Pemula

Judul Buku: Menjadi Katekis Volunter

Penulis: St. Hendro Budiyanto

Penerbit: Kanisius, 2011

Isi buku: 128 halaman

Katekese adalah pengajaran, pendalaman, dan pendidikan iman agar seorang Kristen semakin dewasa dalam iman.  Kata "semakin" mengandaikan bahwa seorang Kristen telah dibaptis dan ingin memperdalam relasinya dengan Tuhan.  Namun dalam arti lain, katekese dipahami pula sebagai pengajaran (pengenalan) bagi para calon baptis (hal. 22).

Orang yang melakukan kegiatan katekese disebut katekis.  Seorang katekis mempunyai tugas utama yakni memberitakan Sabda Allah.  Tugas tersebut mengandaikan seorang katekis sudah mendalami atau merefleksikan Sabda Allah secara pribadi.  Pengalaman iman bersama Sang Sabda menjadi buah refleksi yang hendak dibagikan kepada sesama.  Buah itualh yang kemudian menjadi kesaksian iman (pengalaman bersama Tuhan).

Apakah Anda bisa menjadi seorang katekis?  Sejak kita dibaptis, pada saat itulah kita menjadi katekis, pewarta Sabda Allah.  Dalam hal ini, tugas pewartaan tidak hanya diberikan kepada kaum religius tetapi juga kepada kaum awam (semua umat yang telah dibaptis).  Kita diberi tugas meneruskan kesaksian iman yang telah kita alami agar semakin banyak orang mengalami keintiman bersama Tuhan.  Apakah Anda tidak berminat menyebarkan Sabda Allah?  Ingatlah penugasan ANda sebagai saksi Kristus dalam dunia (rahmat baptisan).

Apakah Anda berniat tetapi tidak tahu bagaimana cara mewartakan Sabda Allah?  Buku ini adalah jawaban yang tepat.  Buku yang memberi dasar-dasar berkatekese ini adalah buah kerjasama Komisi Kateketik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).  Ulasan-ulasan yang singkat, padat, dan jelas membantu para katekis (pemula) menyiapkan dan memberi bekal pengetahuan serta ketrampilan berkatekese secara terencana dan berkesinambungan (hal. 12). - (Fr. Tarsisius Yanri)

(Sumber: Majalah Utusan No. 10, Tahun ke-61, Oktober 2011)


blog comments powered by Disqus