You are here : Home Artikel Dunia Pustaka Metode Melenyapkan Ego

Metode Melenyapkan Ego

Judul Buku: Meditasi Sebagai Pembebasan Diri

Penulis: J. Sudrijanta, SJ

Penerbit: Kanisius, 2011

Isi: 208 halaman

Manusia tidak terbebaskan secara menyeluruh dari persoalan yang berhubungan dengan kejiwaannya, karena manusia melandaskan egonya pada rasionya.  Pikiran atau rasio manusia justru diklaim hanya sebagai sumber persoalan.

Berkembangnya metode dan teknik meditasi yang ditawarkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang justru terkadang membuat ego orang itu menjadi kuat.  Bentuk-bentuk meditasi seperti inilah yang kerap kali kita temukan dan ditawarkan kepada kita.

Kehadiran buku Meditasi Sebagai Pembebasan Diri ini memberi sebuah warna yang berbeda.  Penulis buku ini menawarkan sebuah bentuk meditasi yang berdampak melemahkan atau melenyapkan ego atau diri seseorang.

Bentuk meditasi ini tidak memerlukan waktu atau tempat khusus.  Seorang pendamping atau guru meditasi juga tidak dibutuhkan.  Kita dapat mempraktikkannya sendiri demi mencapai kesadaran diri secara penuh.

Buku ini sangat membantu para pembaca untuk memahami batin dengan segala gerak-geriknya, menjaga kesadaran pasif bekerja, dan belajar memahami segala sesuatu yang muncul dari batin kita.

Buku ini sangat kaya akan manfaat bila dibaca oleh siapa saja yang ingin mengolah hidup batin untuk mencari kebenaran.  Dengan demikian, upaya untuk memahami diri atau ego para pencari kebenaran dapat mencapai pembebasan diri yang utuh sehingga mampu melenyapkan egonya. (Yohanes Umbu Lede)

Sumber: Majalah Utusan No. 08, Tahun ke-61, Agustus 2011


blog comments powered by Disqus