You are here : Home Artikel Dunia Pustaka Panduan Perkawinan Katolik

Panduan Perkawinan Katolik

Judul Buku: Menuju Keluarga Bahagia

Penulis: Dr. Al. Purwa Hadiwardoyo, MSF

Tahun Terbit: 2008

Penerbit: Yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta

Tebal Buku: 110 halaman

Sebagian pasangan suami-istri Katolik sudah tahu cukup banyak dan mendalam tentang panggilan dan perutusan yang mereka terima dari Tuhan, melalui perkawinan dan hidup berkeluarga yang sedang mereka jalani.  Namun, sebagian yang lain hanyalah tahu sedikit dan kurang mendalami hal itu.  Hal tersebut disebabkan oleh berbagai hal.

Bagaimanapun, kiranya kita semua setuju, bahwa pemahaman yang cukup tentang perkawinan dan hidup berkeluarga sangat berguna dan perlu bagi semua pasangan suami-istri, juga mereka yang beriman Katolik.  Hal itulah yang mendorong penulis buku ini untuk menyusun buku tipis ini dan mempersembahkannya kepada para pasangan suami-istri Katolik.

Bagian pertama buku ini membahas beberapa hal pokok tentang perkawinan dan keluarga, yakni ajaran Gereja Katolik tentang perkawinan, hakikat perkawinan, tujuan perkawinan, sifat-sifat perkawinan, panggilan dan perutusan keluarga Katolik, dan tantangan dari masyarakat; bagian kedua membahas hal-hal pokok sekitar pendampingan bagi keluarga-keluarga Katolik di Paroki; dan bagian ketiga berisi kasus-kasua perkawinan dan penyelesaiannya.

Kiranya buku ini pantas dibaca oleh pasangan suami-istri dalam upaya menghadapi tantangan yang semakin berat di tengah arus globalisasi yang begitu deras pada zaman ini. (Al. Bagus Irawan, MSF)

(Sumber: Majalah Utusan No. 4, Tahun ke-61, April 2011)


blog comments powered by Disqus